Kamis, 30 April 2015

Manusia dan Cinta Kasih

A. Pengertian Cinta Kasih

Cinta adalah rasa sangat suka atau sayang (kepada) ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kata kasih, artinya perasaan sayang atau cinta (kepada) atau sangat menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta kasih dapat diatikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Terdapat perbedaan antara cinta dan kasih, cinta lebih mengandung pengertian tentang rasa yang mendalam sedangkan kasih merupakan pengungkapan untuk mengeluarkan rasa, mengarah kepada yang dicintai. Cinta sama sekali bukan nafsu.


B. Cinta Menurut ajaran Agama

Mungkin bisa dikatakan bahwa cinta adalah hal yang sangat berarti bagi diri kita sepanjang hidup kita , kasih dimana sesuatu yang memiliki hal yang sangat berarti untuk saling mengasihi antara sesame manusia. Bila kata cinta dan kasih digabungkan menjadi satu menjadi cinta kasih ,akan menjadi kata yang sangat bermakna bagi hidup kita. Cinta sendiri sangat sakral bagi hidup kita saling mencintai , saling menyayangi dan saling pengertian ,  dimana semua ini berhubungan dengan perasaan yang ada dalam hati yang timbul dari ketertarikan pada suatu lawan jenis yang menjadi ingin rasa memiliki dan menjadi sepasang yang tak ingin lepas dari sesuatu tersebut. 

C. KASIH SAYANG

Menurut kamus umum bahasa Indonesia karangan W.J.S.Porwadarminta, kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Apabila suatu hubungan cinta diakhiri dengan sebuah pernikahan maka hal ini akan menimbulkan perasaan yang lebih dewasa lagi dan juga menuntut agar suatu hubungan tersebut lebih bertanggung jawab, perasaan inilah yang disebut dengan kasih sayang, mengasihi, atau saling menumpahkan kasih sayang.

D. KEMESRAAN

Kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. Kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.
E. Pemujaan
Pengertian pemujaan adalah salah satu investasi cinta manusia kepada Tuhan yang diwujudkan dalam kimunikasi ritual, karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya. Pemujaan dapat dilakukan dalam berbagai aspek seperti memuja pada leluhur,memuja pada agama tertentu dan kepercayan yang ada.seperti  Pemujaan pada leluhur adalah suatu kepercayaan bahwa para leluhur yang telah meninggal masih memiliki kemampuan untuk ikut mempengaruhi keberuntungan orang yang masih hidup. Dalam beberapa budaya Timur, dan tradisi penduduk asli Amerika, tujuan pemujaan leluhur adalah untuk menjamin kebaikan leluhur dan sifat baik pada orang hidup, dan kadang-kadang untuk meminta suatu tuntunan atau bantuan dari leluhur. Fungsi sosial dari pemujaan leluhur adalah untuk meningkatkan nilai-nilai kekeluargaan, seperti bakti pada orang tua, kesetiaan keluarga, serta keberlangsungan garis keturunan keluarga.


F. Belas kasihan 
welas asih, atau kepedulian adalah emosi manusia yang muncul akibat penderitaan orang lain. Lebih kuat daripada empati, perasaan ini biasanya memunculkan usaha mengurangi penderitaan orang lain.
G. CINTA KASIH EROTIC
Cinta kasih kesaudaraan merupakan cinta kasih antara orang-orang yang sama-sama sebanding, sedangkan cinta kasih ibu merupakan cinta kasih terhadap orang-orang yang lemah tanpa daya. Walaupun terdapat perbedaan besar antara kedua jenis tersebut, Kedua-duanya mempunyai kesamaan bahwa pada hakekatnya cinta kasih tidak terbatas kepada seseorang saja. Berlawan dengan kedua jenis cinta kasih tersebut ialah cinta kasih erotis, yaitu kehausan akan penyatuan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan seseorang. Pada hakekatnya cinta kasih tersebut bersifat bersifat ekslusif, bukan universal, dan juga barangkali merupakan bentuk cinta kasih yang paling tidak dapat dipercaya.
 
H. CERITA MANUSIA DAN CINTA KASIH


Dari awal manusia dilahirkan ke dunia, mereka sudah mengenal dan merasakan cinta kasih. Cinta kasih dapat kita dapatkan dari banyak orang, seperti cinta kasih dari orang tua, cinta kasih dari keluarga, cinta kasih dari teman, cinta kasih dari seorang kekasih, cinta kasih dari sahabat. Cinta kasih terbukti mampu membentuk sifat baik dalam diri seseorang. Seseorang yang dibesarkan degan cinta kasih akan menanamkan cinta kasih dalam perilakunya.

Cinta kasih yang saya rasakan dari orang tua sangatlah besar. Mereka membesar kan saya dengan cinta yang tulus. Terkadang saya sering mendapat omelan dari orang tua saya, tapi saya menyadari bahwa itu semua untuk kebaikan saya. Pengorbanan seorang ibu saat melahirkan, pengabdian seorang ibu dalam membesarkan saya, serta kerja keras seorang ayah adalah bukti cinta kasih yang sangat tulus saya rasakan dari orang tua saya. Orang tua saya juga selalu mengajarkan saya untuk saling mengasihi satu sama lain antara kakak beradik. Seabagai seorang anak bungsu saya, saya memiliki kakak yang senantiasa melindungi dan menjadi orang tua kedua buat saya.Mereka sangat memperhatikan saya.

Selain dari keluarga , cinta kasih juga saya rasakan dari sahabat dan teman.  Sahabat yang sesungguhnya adalah seorang yang menaruh kasih disetiap waktu. Mereka menjadi tempat kita bercerita dan bersandar. Seorang yang mau menjadi pendengar yang baik. Beruntungnya saya memiliki sosok seperti ini dalam kehidupan saya. Mereka dapat menjadi saudara untuk saya. Disaat saya membutuhkan seseorang untuk mendengarkan cerita saya, mereka selalu ada dan menyediakan waktu.

Cinta kasih juga dapat kita rasakan dalam dunia kerja kita. Pengalaman yang pernah saya rasakan adalah bagaiana saya saling membantu dalam pekerjaan, saling menghargai dan saling bertoleransi. Tentunya ini sangat bermanfaat juga dalam pekerjaan kita. Selain itu dalam kehidupan bertetangga kita juga harus menanamkan cinta kasih. Saat hari raya keagamaan saya terbiasa untuk saling berkunjung .
Manusia tidak bisa dilepaskan dari cinta kasih. Karena cinta kasih menyangkut hubungan manusia dengan sesamanya.


Sumber :
(http://igedepraditya.blogspot.com/2012/05/manusia-dan-cinta-kasih.html)
(http://utihutabarat.blogspot.com/2011/04/pengertian-cinta-kasih.html) 
(http://id.wikipedia.org/wiki/Belas_kasihan)
(http://rizqytriyana17.blogspot.com/2014/11/ilmu-budaya-dasar_89.html)