Selasa, 06 Oktober 2015

Teori Organisasi Umum

Teori Organisasi

Organisasi adalah sekumpulan orang dalam suatu wadah yang mempunyai tujuan yang sama

Pandangan umum organisasi dibagi menjadi 2 bagian :
1. Sebagai wadah : Tempat dimana manajemen dijalankan
2. Sebagai Proses : Memperhatikan interaksi atau kerjasama antar orang-orang yang menjadi anggota

Teori organisasi terbagi menjadi 3 :

1.Teori Organisasi Classic
Pada teori classic menekankan pentingnya rantai perintah dan penggunaan disiplin, aturan yang ketat untuk mengubah organisasi-organisasi agar beroprasi lebih efisien teori classic memberi petunjuk struktural yang kaku, bukan kreatifitas.

2.Teori Organisasi Neoclassic
Teori neoclassic menekankan pentingnya aspek psikologis dan sosial karyawan sebagai individu maupun sebagai kelompoknya atas dasar ini teori neoclassic mendefinisikan suatu organisasi sebagai kelompok orang dengan tujuan bersama.

3.Teori Organisasi Modern 
Teori organisasi modern disebut juga analisa sistem pada organisasi teori modern mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu sistem yang tertutup yang berkatian dengan lingkungan yang stabil melainkan adalah suatu sistem yang terbuka yang harus menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan apabila ingin mempertahankan kelangsungan hidupnya. 

Ciri-Ciri Organisasi

Ciri-ciri organisasi terbagi ada 4 yaitu :

1. Kerjasama
Kerjasama merupakan suatu perbuatan bantu-membantu akan suatu perbuatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. Oleh karena itu, semua anggota atau semua warga yang menurut tingkatan-tingkatannya dibedakan menjadi administrator, manajer, dan pekerja (workers), secara bersama-sama merupakan kekuatan manusiawi (man power) organisasi. 

2. Tugas dan Wewenang
Wewenang adalah Kekuasaan menggunakan sumbardaya untuk mencapai tujuan organisasi dan secara umum tugas di definisikan sebagai kewajiban atau suatu pekerjaan yg harus dikerjakan seseorang dalam pekerjaannya.

3. Tujuan
Tujuan merupakan arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan menggambarkan tentang apa yang akan dicapai atau yang diharapkan. Tujuan merupakan titik akhir tentang apa yang harus dikerjakan. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network).

4. Tata Tertib / Aturan  
Tata tertib/aturan sangat dibutuhkan dalam sebuah organisasi agar pelaksanaan tugas dapat berjalan dengan lancar 

Unsur-Unsur Organisasi

  Unsur-unsur organisasi terbagi atas 5 unsur, yaitu :
  • Man, adalah unsur utama pembentuk organisasi yang disebut sebagai personil atau anggota yang menurut fungsi dan tingkatannya terdiri atas unsur pimpinan (administrator) sebagai pemimpin tertinggi organisasi, para manajer pemimpin unit tertentu suatu kerja sesuai fungsinya dan para pekerja (workers). Setiap hal tersebut merupakan kekuatan organisasi.
  • Kerja Sama, adalah unsur organisasi dimana setiap anggota atau personil melakukan perbuatan secara bersama-sama untuk tujuan bersama.
  • Tujuan Bersama, adalah Sasaran yang ingin dicapai/ diharapkan baik dari prosedur, program, pola atau titik akhir dari pekerjaan organisasi tersebut.
  • Peralatan (Equipment), adalah sarana dan prasarana yang berupa kelengkapan dari organisasi tersebut baik itu berupa bangunan (gedung, kantor), materi, uang, dan kelengkapan lainnya.
  • Lingkungan (Environment), adalah unsur organisasi yang juga memiliki pengaruh. Faktor tersebut adalah ekonomi, sosial budaya, strategi, kebijaksanaan. anggaran, dan peraturan yang telah ditetapkan. 
Kesimpulan
Menurut saya organisasi yang baik harus memenuhi 5 syarat :
 
  • organisasi harus memiliki anggota yang jelas identitas dan kuantitasnya. Setiap organisasi modern tentu menuntut para anggotanya memiliki KTA (kartu tanda anggota). 
  • organisasi harus memiliki identitas yang jelas tentang keberadaannya dalam masyarakat. Artinya, jelas alamat kantornya, aktivitasnya dalam menjalankan roda organisasi. Ada nama, lambang, dan tujuan organisasi yang termuat dalam AD dan ART dan struktur organisasinya. 
  • organisasi harus memiliki pemimpin serta susunan manajemen yang juga jelas pembagian tugasnya. Masing-masing bagian, divisi, maupun seksi juga aktif memainkan perannya.
  • dalam setiap aktivitas organisasi harus mengacu pada manajemen yang sehat.
  • organisasi harus mendapat tempat di hati masyarakat. Artinya, organisasi itu dirasakan benar manfaatnya bagi masyarakat. 




Sumber : Buku Teori Organisasi Umum 1